PENGARUH KELAS EDUKASI KESEHATAN MENOPAUSE PADA WANITA USIA 40 – 50 TAHUN TERHADAP KESIAPAN DALAM MENGHADAPI MASA MENOPAUSE DI KLINIK POLDA KALTIM
DOI:
https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i4.221Keywords:
Kelas Edukasi Kesehatan Menopause, Modul, Leaflet, Wanita Usia Premenopause, Kesiapan Masa MenopauseAbstract
Pendidikan Kesehatan atau Health Education dapat dilakukan oleh setiap orang dengan cara memberi contoh bagaimana hidup yang sehat.. Pendidikan kesehatan menggunakan modul dan leaflet merupakan salah satu metode yang dapat mengembangkan pengetahuan,sikap dan perilaku yang positif pada kesehatan. Peran bidan dalam masa premenopause adalah memberikan penyuluhan kepada masyarakat khususnya usia dewasa tentang premenopause/ klimakterium untuk menyiapkan diri dalam memasuki masa premenopause. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kelas edukasi kesehatan terhadap kesiapan dalam menghadapi masa menopause. Jenis penelitian menggunakan quasy eksperiment dengan desain penelitian yaitu One group pretest - posttest design. Objek penelitian ini dibagi hanya satu kelompok perlakuan dan dilakukan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji t statistic dengan menggunakan Shapiro Wilk, nilai signifikansi adalah p=0,000 (p<0,005) dengan demikian berarti ada pengaruh kelas edukasi kesehatan terhadap kesiapan dalam menghadapi masa menopause. Ada pengaruh kelas edukasi kesehatan terhadap kesiapan dalam menghadapi masa menopause di Klinik Polda Kaltim.
Downloads
References
Admin, (2011), Terjadi Pergeseran Umur Menopause. http://mkiakr.ugm.ac.id/Akses 16 Januari 2016
Arifah (2010). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Menggunakan Modul dan Media Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan sikap Wanita dalam Menghadapi Menopause di Desa SumberMulyo, Bambanglipuro, Bantul. Skripsi Tidak dipublikasikan
Baziad Ali, (2008). Menopause dan Andropause. Cetakan Pertama, Ed. Pertama, Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Brown, Nina W. (2011). Psychoeducational Groups 3rd Edition: Process and Practice. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Camellia Vita. (2008). Sindroma pascamenopause [skripsi]. Medan: Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.
Cartwright, (2007). Psychoeducation Among Caregivers of Children Receiving Mental Health Service. Dissertation. Ohio:Graduate School of The Ohio State University
Chaplin., (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Raja Grafindo Persada Depkes, 2(014). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015.Yogyakarta
Dinkes (2015). Badan Pusat Statistik (BPS) D.I.Y Sleman Indriana , Teuku Melani (2007). Gizi Keluarga. Penebar Swasaya : Jakarta.
Arief Kagan A (2015) Patients who were diagnosed with menopause in the Gynecology and Evaluation of sleep in women with menopause v.16(3); 2015;
Kasdu, D ( 2005). Kiat Sehat dan Bahagia di Umur Menopause. Puspaswara. Jakarta: Gramedia
Lestary D, (2010). Seluk Beluk Menopause.Jogjakarta: Gerai Ilmu. Lumongga N, (2013). Psikologi Kespro “Wanita & Perkembangan Reproduksinya” Ditinjau dari Aspek Fisik dan Psikologinya. Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.
Mulyani, S, (2013). Menopause Akhir Siklus Menstruasi Pada Wanita di Usia Pertengahan. Yogyakarta: Nuha Medika. Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nurma riajati (2014). Pengaruh Penyuluhan Tentang Menopause Terhadap Kesiapan Menghadapi Menopause Pada Ibu Premenopause Di Desa Murtagading Sanden Bantul
Polman. (2015). The Role Depressive Symptomatology in peri and post-.menopause
Proverawati A, (2009). Menopause dan Sindrom Premenopause. Yogyakarta: Nuha Medika
Puspitasari 2013). Pengaruh Penyuluhan Tentang Menopause terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Premenopause menjelang Menopause di Desa Tirto Rt. 5 Triharjo Pandak Bantul.
Retnowati, S (2010). Tetap Bergairah Memasuki Masa Menopause. Yogyakarta Roudhoh, S. (2010). Psikoedukasi: Intervensi Rehabilitasi dan Prevensi. Bandung: Magister Profesi Psikologi Universitas Padjajaran.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
Supratikya, A. (2011). Merancang program dan modul psikoedukasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma 13
Thompson B. (2005). The Psyche of Estrogen Part I; Estrogen and Mood. http://www.ubcpharmacy.org/cpe/. Treamblay., Nouk., Sheeran., Lisa., Sancia. (2008). Psychoeducational interventions to alleviate hot flashes: a systematic Review. Journal Menopause,15 (Issue 1) 193-202.
Walsh, Joseph. (2010). Psycheducation In Mental Health. Chicago: Lyceum Books, In
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.