Hubungan Tingkat Pengetahuan terhadap Sikap Remaja Putri tentang Perubahan Fisik Menghadapi Pubertas di Smpn 1 Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.55681/saintekes.v3i1.284Keywords:
Pengetahuan, Sikap, Remaja Putri, Perubahan Fisik Menghadapi PubertasAbstract
Sikap seseorang terhadap suatu objek dapat dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki tentang objek tersebut. Semakin banyak informasi positif yang diketahui tentang objek tersebut, maka akan semakin meningkat pula sikap positif terhadap objek tersebut. Remaja yang menghadapi perubahan fisik seringkali menunjukkan sikap negatif seperti kurang percaya diri, ragu-ragu dalam mengambil tindakan, dan merasa takut serta cemas. Namun, remaja yang dapat menerima perubahan fisik yang terjadi pada dirinya memiliki potensi untuk merasa nyaman dengan penampilan fisiknya dan bangga dengan kemampuan tubuhnya Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara tingkat pengetahuan terhadap sikap remaja putri di SMPN 1 Kota Palopo mengenai perubahan fisik yang terjadi saat menghadapi pubertas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri di kelas 7 di SMPN 1 Kota Palopo yang terdata sebanyak 158 orang dengan jumlah sampel sebanyak 62 orang. Penelitian ini menggunakan menggunakan kuisioner. Uji analisa data yang digunakan adalah uji chi squre. Hasil uji analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan sikap remaja putri tentang perubahan fisik menghadapi pubertas di SMPN 1 Kota Palopo. Saran kepada remaja putri untuk terus mengembangkan sikap positif terhadap perubahan fisik yang dialami, dengan menghadapinya dengan percaya diri dan penerimaan diri. Selain itu, untuk penelitian berikutnya diharapkan agar menggunakan metode pengumpulan data yang berbeda seperti wawancara mendalam atau pengamatan langsung, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri terhadap perubahan fisik saat pubertas.
Downloads
References
Asniar, H. K. dan P. M. (2020). Pendidikan dan Promosi Kesehatan (N. U. Hikmah (ed.)). Syiah Kuala University Press. https://play.google.com/books/reader?id=itgNEAAAQBAJ&pg=GBS.PR3
BPS Indonesia. (2022). Perempuan dan Laki-laki di Indonesia 2022. BPS Indonesia. https://www.bps.go.id/publication.ht ml?Publikasi%5BtahunJudul%5D=20 22&Publikasi%5BkataKunci%5D=pe nduduk&Publikasi%5BcekJudul%5D=0&yt0=Tampilkan
Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E.A. (2019). Pengetahuan; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1 SE-Articles), 13. http://e- journal.lppmdianhusada.ac.id/index.p hp/jk/article/view/96
Hariani, Y. (2022). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSONAL HYGIENE TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI 2022 : Literature Review Yulia Hariani. Jurnal Kesehatan Abdurahman Palembang, 11(2), 35–42.
Irmayanti, N., Dhei, B., Lusianti, N., & Derman, Y. (2022). Perbedaan Sikap Remaja Dalam Menghadapi Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas Ditinjau Dari Gender. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper “Peran Perempuan Sebagai Pahlawan Di Era Pandemi” PSGESI LPPM UWP, 9(01), 143–149. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.1 66
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Kurniawan, W., & Agustini, A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keperawatan ; Buku Lovrinz Publishing. Rumah Pustaka.
Kurniawati, N., Wahyu, M., Akbid, N., Putra, B., Purworejo, B., & Soekarno Hatta, J. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pubertas Dengan Sikap Menghadapi Perubahan Fisik Pada Remaja Awal. Jurnal Komunikasi Kesehatan, XII(1), 17–22.
Lino Palloan, M. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Perubahan Fisik Pubertas Dengan Sikap Menghadapi Pubertas Di SMP 2 Kabupaten Pinrang. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1 SE-), 121–126. http://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/37
Mutia, W. O. N. (2022). Tingkat Pengetahuan Terhadap Perubahan Fisik Pubertas Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kebidanan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.48092/jik.v9i1.182
Nasution, B. H., & Samosir, J. E. (2021). Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas. Jurnal Keperawatan Flora, 14(1), 9–15.
Palloan, M. L. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Perubahan Fisik Pubertas dengan Sikap Menghadapi Pubertas di SMP 2 Kabupaten Pinrang. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1).
Panjaitan, A. A., Angelia, S., & Apriani, N. (2020). Sikap Remaja Putri Dalam Menghadapi Perubahan Fisik Saat Pubertas. Jurnal Vokasi Kesehatan, 6(1), 42. https://doi.org/10.30602/jvk.v6i1.213
Prihartini, A. R., & Maesaroh, M. (2019). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Awal Terhadap Perubahan Fisik Masa Pubertas Pada Murid Kelas VIII di SMP N 1 Plumbon Kabupaten Cirebon. Jurnal Menara Medika, 2(1), 119–127.
Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96
Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika. Airlangga University Press.
Sulistiyanti, A., & Alda Ayu Jifaniata. (2021). Tingkat Pengetahuan dan Sikap pada Remaja Putri Tentang Perubahan Fisik Pubertas Pada Siswi SMP Negeri 1 Sukoharjo Anik Sulistiyanti * , 2 Alda Ayu Jifaniata. Infokes, 11(1).
Suryani, L. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Keterampilan Khusus sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 1–8.
Syapitri, H., Amila, & Aritonang, J. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Ahli Media Pers.
Trisnowati, I. M. I. P. B. Su. S. N. S. T. (2022). Promosi dan Pendidikan Kesehatan. Tahta Media Group.
Wirenviona, R. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Airlangga University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.