APLIKASI MOBILE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM
Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, termasuk di Kota Pematangsiantar yang memiliki lebih dari 29.000 UMKM. Namun, UMKM menghadapi berbagai tantangan, seperti persaingan yang ketat, akses pasar yang terbatas, dan kurangnya adopsi teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile bagi UMKM guna meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing. Metode yang digunakan meliputi studi literatur, pengumpulan data dari UMKM setempat, perancangan sistem berbasis diagram alir dan ERD, serta pengujian aplikasi untuk memastikan fungsionalitasnya. Aplikasi yang dikembangkan memiliki fitur-fitur utama seperti manajemen produk, transaksi digital, dan integrasi dengan mitra logistik dan sistem pembayaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi melalui aplikasi mobile dapat meningkatkan jangkauan pasar, mempercepat transaksi, dan memberikan kemudahan dalam pengelolaan usaha bagi para pelaku UMKM. Dengan demikian, transformasi digital melalui aplikasi ini berpotensi menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM dan mendukung keberlanjutan usaha di era digital.
Downloads
References
Hafsah, M. . J. (2004). Upaya pengembangan usaha, mikro, kecil, dan menengah UMKM. Jurnal Infoskop, 1(Upaya pengembangan umkm), 1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227
Hevner, A. R., March, S. T., Park, J., & Ram, S. (2004). Design science in information systems research. MIS Quarterly: Management Information Systems, 28(1), 75–105. https://doi.org/10.2307/25148625
Kementerian KUKM Republik Indonesia. (2019). Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Republik Indonesia Tahun 2018 - 2019. Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia, 1, 2. https://kemenkopukm.go.id/%0Ahttps://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?lywOczCL6zsNoLLuu4NTg206ohN0LhCyJxcxiN39IP37tqBqgY%0A%0Ahttps://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1650868533_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019 =.pdf%0A
Manurung, R., Lianawati, Y., Tiurma, T., & Sipahutar, U. (2025). Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Mendukung Strategi Pemasaran dan Penjualan pada UMKM Saung Batik Baswet Development of Android-Based Mobile Applications to Support Marketing and Sales Strategies at Saung Batik Baswet MSMEs. 11(1).
Mensah, J., Oppong, P. K., & Addae, M. (2022). Effect of Packaging on Perceived Quality and Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Association in Over-the-Counter Market. Open Journal of Business and Management, 10(01), 297–313. https://doi.org/10.4236/ojbm.2022.101018
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
Nurlinda Sari, Risky Laras Syari, Rio, Humairo, & Abdul Pandi. (2025). Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787
Sirait, E., & Purba, A. T. (2024). Pengembangan Aplikasi Mobile Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Jangkauan Pasar. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 7(2), 1061. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v7i2.1848
Traver, C. G., & Laudon, K. C. (2021). E - commerce 2020-2021 business.technology.society.
Wartika, I. M. B. L. P., Putra, A. A. P., Mahendra, Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi Empowering MSMEs through the Introduction of Digital Marketing, Especially Social Media As A Means of Promotion in the Pandemic Era. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 285–292. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nukman, Muliani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





