PENGGUNAAN TEKNIK THINK TALK WRITE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS EXPLANATION TEXTS PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 6 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.166Keywords:
Explanation Texts, Keterampilan Menulis Explanation Texts, Teknik Think Talk WriteAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan data dari produk siswa yaitu kegiatan menulis explanation texts sebelum dan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write pada siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 6 Semarang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa sebelum penggunaan teknik think talk write siswa kemampuan menulis siswa masih rendah. Pada siklus I dari data diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 72,2. Sebanyak 12 siswa atau 33 % siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 24 siswa atau 66 % siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus II, skor rata-rata yang diperoleh adalah 80,94. Pada siklus ini guru menerapkan teknik think talk write dalam pembelajaran Bahasa Inggris materi explanation texts. Berdasarkan data yang diperoleh sebanyak 31 siswa atau 86 % telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan sebanyak 5 siswa atau 16 % belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ini berarti dalam siklus II ini telah terjadi peningkatan kemampuan menulis. Pada siklus II siswa sudah mulai tertarik dengan pelajaran explanation texts. Maka, dapat disimpulkan penggunaan teknik Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menulis explanation texts siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 85% siswa mengalami peningkatan dalam menulis explanation texts. Dengan demikian, penggunaan teknik think talk write membuat pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan, dan memberi kemudahan bagi siswa untuk berkreasi dan menciptakan ide-ide yang dituangkan dalam sebuah tulisan explanation texts yang kratif.
References
Arihin, I. L. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan Metode, Strategi, Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Heaton, J. (2008). Introduction to Neural Network for C# 2. St. Louis: Heaton Research, Inc.
Ice Faulia, D. A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran.
Istrani, R. (2015). Tipe, Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.
Sahalluddin, M., Susanto, D. A., & Sukmaningrum, R. (2023). Pembelajaran Strategi Sosial dengan Mengintegrasikan Teknik Two Stay Two Stray dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara. Jurnal Pendidikan.
Suparno, M. Y. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, D. A. (2016). Discourse Markers Used by Multilingualism Students. UNNES International Conference on ELTLT, 149-156.
Susanto, D. A. (2016). The Interpersonal Meaning Used In the Electronics and Mobile Phones in Advertisements as the Contribution in Teaching Systemic Functional Grammar. ETERNAL (English Teaching Journal).
Susanto, D. A., Mujiyanto, J., Bharati, D. A., & Sutopo, D. (2019). The Use and Functions of English Discourse Markers (EDMs) in EFL Students Writing at University in Indonesia. Semarang: Atlantis Press.
Susanto, D. A., N, M., & LN, A. (2020). STEM in English Language Teaching at High Schools in Central Java Indonesia: Opportunities and Challenges. Journal of Physics: Conference Series.
Susanto, D. A., & Widyaningsih, R. (2013). Model Pengembangan Karakter dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Inovasi Metode Mini Drama. Seminar Hasil-Hasil Penelitian 2.
Susanto, D. A., & Yosephine, M. (2020). Teachers’ perceptions towards Teaching Writing Using Word Games; the Case Study of Junior High Schools in Semarang, Central Java, Indonesia. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Tarigan, H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahida I, Y. I. (2013). Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS). Universitas Negeri Malang.
Yamin, M. B. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarts: Gaung Persada Press.
Yelsa Afriasni, I. (2016). Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) Terhadap keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia JPBSI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.