Lunturnya Nilai Moral dan Karakter Anak Bangsa Sebagai Dampak Dari Kemajuan Teknologi

Authors

  • Sizka Amelia Febrianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Irfan Adriansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.269

Keywords:

Moral, Karakter, Kemajuan, Teknologi, Indonesia

Abstract

Semakin tinggi pengetahuan manusia akan ilmu pengetahuan, maka akan semakin tinggi pula perkembangan kecanggihan teknologi yang akan diciptakan manusia. Kecanggihan teknologi secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kelangsungan moral. Melunturnya norma dan nilai sopan santun yang ada di masyarakat akibat pengaruh teknologi membuat generasi muda tidak lagi mengindahkan moral dan sopan santun yang ada. Pada dasarnya kemajuan teknologi memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna sebagai cara untuk mempermudah aktivitas manusia. Namun tentu saja setiap hal dapat memberikan dampak positif dan negatif. Dampak dari adanya kemajuan teknologi ini dapat dirasakan oleh semua kalangan, tidak hanya bagi orang-orang yang ahli teknologi saja, melainkan bagi kalangan remaja, orang yang awalnya tidak mengerti teknologi, bahkan anak-anak yang masih dibawah umur juga dapat merasakan dampak dari kecanggihan teknologi ini. Maka dari itu dirasa perlu adanya suatu kajian mengenai topik tersebut, karena dianggap suatu hal yang penting bagi kemajuan bersama.

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 4(2), 103–109. https://doi.org/https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3610

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 30–41. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Dewi, D. A. (2017). Membangun Karakter Kebangsaan Generasi Muda Bangsa Melalui Integrasi Pendidikan Formal, Informal dan Nonformal. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 56–67. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/civics.v2i1.267

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Febriyanti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772

Fitri, S. F. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Mencegah Degradasi Moral. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/eoj.v3i3.724

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 03(03), 216–222. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381

Karim, N. (2010). Pendidikan Karakter. Ejournal IAIN Kendari: Shautut Tarbiyah, 16(1), 69–89. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31332/str.v16i1.120

Marhayani, D. A. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 5(2), 67–75. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.261

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Nurohmah, A. N. , & Dewi, D. A. (2020). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–127. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565

Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Warga Negara Indonesia. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2(6), 188–193. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i12.275

Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1616

Siahaya, S. K. V., Muaja, H. S., & Ngantung, C. M. (2021). Penegakan Hukum Terhadap Perilaku Penindasan atau Bullying di Sekolah. Lex Crimen: Jurnal Elektronik Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Unsrat, 10(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lexcrimen/article/view/33137

Sulisrudatin, N. (2015). Kasus Bullying dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Downloads

Published

2024-02-08

How to Cite

Febrianti, S. A. ., Dewi, D. A., & Adriansyah, M. I. (2024). Lunturnya Nilai Moral dan Karakter Anak Bangsa Sebagai Dampak Dari Kemajuan Teknologi. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.269