Berkurangnya Rasa Nasionalisme Dalam Pelaksanaan Upacara Bendera Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Haifa Annisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dini Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Irfan Adriansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.287

Keywords:

Nasionalisme, Upacara Bendera, Siswa SD

Abstract

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Upacara pengibaran bendera tidak hanya menjadi ajang penghormatan terhadap bendera merah putih sebagai simbol negara. Siswa sekolah dasar diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa kebangsaan yang kuat. Namun saat ini ada tanda-tanda semangat kebangsaan dalam menyelenggarakan upacara bendera di kalangan siswa Sekolah Dasar berangsur-angsur berkurang. Berdasarkan analisis dari hasil penelitian salah satu jurnal yang melakukan observasi di SD Negeri 10 Banda Aceh menjelaskan bahwa terdapat beberapa siswa yang masih kurang dalam penghayatan, tidak tertib dan tidak disiplin ketika melaksanakan upacara bendera. Siswa menyepelekan upacara bendera tersebut, bahkan sebagian dari mereka sampai bergurau ataupun bercanda ketika upacara bendera sudah dimulai dan sedang berlangsung. Menurunnya semangat kebangsaan pada saat upacara pengibaran bendera salah satu penyebabnya adalah karena belum dipahami secara jelas makna dan pentingnya upacara bendera tersebut. Menurunnya kesadaran kebangsaan di kalangan pelajar pada saat upacara pengibaran bendera merupakan permasalahan yang patut mendapat perhatian khusus. Faktor-faktor seperti program pendidikan, kebijakan sekolah, pengawasan guru dan orang tua, perubahan nilai-nilai sosial, dan kurangnya pemahaman tentang sejarah dan nilai-nilai kebangsaan dapat mempengaruhi rasa nasionalisme siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan upaya bersama antara pemerintah, sekolah, guru, dan orang tua untuk memperkuat pendidikan nasionalisme dan memastikan upacara bendera tetap memiliki nilai penting dalam membentuk karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa.

References

Ahid, N. (2006). KONSEP DAN TEORI KURIKULUMDALAM DUNIA PENDIDIKAN. JOURNAL ISLAMICA, 1(1), 12-29. From https://islamica.uinsby.ac.id/index.php/islamica/article/view/5/245

Aini, E. N. (2020). Peran Pelaksanaan Upacara Bendera dalam Pembentukan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab dan Nasionalisme Siswa Kelas I di MI NU Tholibin Tanjung Jati Kudus. Undergraduate Thesis, 1-98. From http://repository.iainkudus.ac.id/4006/9/08.%20BAB%20V.pdf

Aisyiyah, R. D. (2020). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme Melalui Kegiatan Upacara Bendera di MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi. From http://etheses.iainponorogo.ac.id/9107/

Annas, A. N. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 132-142. From https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/399/315

Azima, N. S. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491-7496. From https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2186/1913

DaniarAsyari, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2), 1-12. From https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/1628/pdf

Dinawati, S. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Penanaman Sikap Nasionalisme melalui Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 137-146. From https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/download/122437/pdf

Faturochman, A. K. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2), 61-72. From https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7469/5808

Musafiyono, W. (2014). PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN NASIONALISME PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Di Perumahan Griya Kencana, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik). Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaran, 3(2), 1076-1094. From https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/9327/4043

Nursamsi. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 6(5), 8341-8348. From https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3775/pdf

Rahmani. (2021). UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI UPACARA BENDERA PADA SISWA SD NEGERI 10 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 42-52. From https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/1350/1134

Ratri, E. P. (2022). URGENSI PANCASILA DALAM MENANAMKAN JIWA NASIONALISME PADA GENERASI MUDA DI ERA GLOBALISASI. JURNAL GLOBAL CITIZEN, 11(1), 25-33. From https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/7455/4627

Rizki, I. N. (2022). The Urgency of the Flag Ceremony to Increase Nationalism of Elementary School Students at SDN Pondok Bahar 6 Class 4B Academic Year 2022/2023 Odd Semester. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 31-44. From https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/download/56722/pdf

SAFITRI, R. W. (2016). KURIKULUM NASIONAL MATA PELAJARAN SEJARAH MASA ORDE BARU TAHUN 1968-. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 4(3), 644-655. From file:///C:/Users/ASUS/Downloads/15600-Article%20Text-19600-1-10-20160622.pdf

Salminati, I. (2017). PEMBIASAAN UPACARA BENDERA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1), 8-11. From https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/877/pdf

Siburian, B. P. (2021). PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP MINAT GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL INDONESIA. JURNAL ILMIAH KAJIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, 10(2). From https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/5616

Sumantri, M. S. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN KEDISIPLINAN DALAM KEGIATAN UPACARA BENDERA DI SEKOLAH DASAR DKI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 60-68. From https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/13301/5651

Taranau, O. K. (2023). Upaya Meningkatan Rasa Nasionalisme Dengan Pendidikan Kewarganegaraan Kepada Generasi Milenial Di Era Globalisasi. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 978-983. From https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/24968/11727

Winarsih, I. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(2), 22-29. From https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/19920

Zelthauzallam, D. (2013, May). UPACARA BENDERA UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME. Artikel dan Makalah Pemerintahan, Sosial dan Politik, pp. 1-2. From http://dedetzelth.blogspot.com/search?q=upacara+bendera

Downloads

Published

2024-02-24

How to Cite

Annisa, H., Dewi, D. A., & Adriansyah, M. I. (2024). Berkurangnya Rasa Nasionalisme Dalam Pelaksanaan Upacara Bendera Pada Anak Usia Sekolah Dasar . PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 53–65. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.287