MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN PENDEKATAN ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP) PADA KURIKULUM SMK PUSAT KEUNGGULAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/primer.v1i5.210Keywords:
Bahasa Inggris, Pendekatan English For Spesifik Purpose (ESP), Kurikulum SMK Pusat KeunggulanAbstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu sektor pendidikan di Indonesia yang memberikan dampak lebih dalam memberi stimulus tenaga kerja dan siap dan terampil untuk berkontribusi secara langsung secara profesional dalam perkembangan industri dunia. Penelitian ini mengetahui dan menguji apakah ada pengaruh signifikan kemampuan Bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan ESP pada kurikulum sekolah pusat keunggulan. Bahasa Inggris dengan Pendekatan English For Spesifik Purpose (ESP) Pada Kurikulum SMK Pusat Keunggulan yang dilaksanakan oleh SMK Teknologi menunjukkan nilai yang signifikan berdasarkan hasil rerata uji statistic deskriptif dengan hasil postest kelas control 77.30 dan kelas Eksperimen sebesar 79.71 dengan hasil tersebut bisa disimpulkan adanya perbedaan signifikan antara kelas control dengan kelas eksperimen. Dan hasil uji hipotesis regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan dengan melihat dasar acuan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0.16 < 0.05 maka dari hasil tersebut disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan kemampuan Bahasa Inggris dengan Pendekatan English For Specific Purpose (ESP) Pada Kurikulum SMK Pusat Keunggulan.
References
_________Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 464/M/2021 Tentang Sekolah Pusat Keunggulan.
Ahmadi, Abu. 1985. Sosiologi Dan Antropologi. Surabaya: C.V. Pelangi.
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Dudley-Evans, T., & StJohn, M. J. (1998). Developments in ESP: A multi- disciplinary approach. New York: Cambridge University Press.
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis di Bidang. Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hutchinson, Tom and Waters, Alan. 1994. English for Specific Purposes: A learning-centered approach. Glasgow: Bell & Bain Ltd.
Lee, dkk. 2017. Strategi Implementasi Revitalisasi SMK Melalui Bilingual Learning Ecosystem. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Ramayulis. 2005, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Robinson, P.C. (1990). ESP Today: A Practitioner's Guide. New York: Longman Phoenix Prentice Hall ELT.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2010. Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Swales, J. (1990). Genre Analysis. Cambridge: Cambridge University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.