ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS KEDAI KOPI (STUDI KASUS PADA KEDAI KOPI MOJO’O COFFEE DI GANG MAWAR, SEMPAJA SAMARINDA)

Authors

  • Saida Zainurossalamia ZA Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Agung Wibowo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.62

Keywords:

Kelayakan Usaha Bisnis, Bisnis Kedai Kopi

Abstract

Agung Wibowo, 2023. Dalam beberapa tahun terakhir, usaha bisnis yang bergerak pada bidang kedai kopi terus berkembang, diantaranya adalah kedai kopi Mojo’o Coffee yang berlokasi di gang mawar, sempaja, samarinda. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kelayakan usaha pada kedai kopi Mojo’o Coffee, untuk mengetahui apakah usaha yang sedang dijalankan dapat memberikan keuntungan finansial yang diharapkan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian deskriptif dari data yang di kumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer dan sekunder digunakan sebagai sumber data penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif untuk penilaian aspek hukum, lingkungan dan keuangan.

References

Harahap, S. 2018. STUDI KELAYAKAN BISNIS Pendekatan Integratif. Medan Estate: FEBI UIN-SU Press.

https://samarindakota.bps.go.id/publikasi.html

Humas UNM. 2018. Uji Kredibilitas Penelitian Kualitatif. diunduh pada tanggal 10 mei 2021, dari https://penalaran-unm.org/uji-kredibilitas-penelitian-kualitatif/.

Mustika Treisna Yuliandri. 2015. EVOLUSI KEDAI KOPI - Majalah Otten Coffee.diunduhpada13mei2021darihttps://majalah.ottencoffee.co.id/evolusi-kedai-kopi/

Rochmat Aldy, Purnomo Riawan, La Ode Sugianto. 2017. Studi kelayakan bisnis. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP

Srifajar. 2017. Biaya Operasional. Diunduh pada tanggal 20 Mei 2021 dari http://srifajar95.blogspot.com/2017/04/biaya-operasional.html

Sugiyono. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, 53(9), 1689–1699.

Sundari, S. Et al.2022. ‘Analisis SWOT Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba (Studi Kasus Pada Coklat Klasik Palangka Raya )’, Edunomics Journal, 3(1),pp.110.availableat:https://ejournal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/3871/2914

Tahapan Penelitian. 2015. Tahapan Penelitian Dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap). Diunduh pada tanggal 23 Mei 2021 dari https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/10/tahap-tahap-penelitian-dan-penjelasannya-lengkap.html

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

ZA, S. Z., & Wibowo, A. (2023). ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS KEDAI KOPI (STUDI KASUS PADA KEDAI KOPI MOJO’O COFFEE DI GANG MAWAR, SEMPAJA SAMARINDA). PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 144–151. https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.62