GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA YANG BERBASIS PROJECT GUNA MENUMBUHKAN BUDAYA POSITIF
DOI:
https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.125Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Basis Project, Budaya PositifAbstract
Program ini ditujukan untuk siswa kelas XII OTKP2 berupa gerakan literasi sekolah untuk mendukung pembelajaran berpusat pada siswa yang berbasis project untuk menumbuhkan Budaya Positif. Gerakan ini berupa project yang dihasilkan siswa kemudian dipasarkan melalui media online dengan keanekaragaman produk yang inovatif. Dari hasil penjualan, 44% siswa sudah bisa memasarkan produk dengan laba bersih Rp. 50.000/minggu Program keberhasilan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Juwiring Kabupaten Klaten, dari 1 Agustus 2022 sampai 12 Desember 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan selama proses program kemitraan Desa Net. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data sebelum pelaksanaan program dengan data setelah pelaksanaan program. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan observasi, mengumpulkan data, evaluasi dan merefleksi bersama guru-guru yang berkompeten di program keahlian OTKP 2. Didapat suatu kesimpulan masyarakat sangat antusias terhadap produk yang dihasilkan siswa SMKN 1 Juwiring. Jumlah Masyarakat yang mulai bekerja sama dengan SMKN 1 Juwiring bermula dari tidak ada dan setelah adanya program ini ada 44 % yang mau kerjasama untuk memasarkan produk dari siswa XII OTKP2. Selain itu terjadi peningkatan siswa yang mengikuti pelatihan sebanyak 36 siswa.
References
Balai Besar Guru penggerak. 2022. Modul 1.4 Budaya Positif . Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
D. N. Marpaung, J. J. Pongkendek, and L. F. Siregar, “The development of innovative learning material integrated with environmental activities to improve student learning outcomes on lectrolyte and nonelectrolyte solution,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2019
Direktorat PSMK. 2017. Strategi Implementasi Revitalisasi SMK (10 Langkah Revitalisasi SMK). Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Eldito Alex Tatu, H. A. (2021). Hasil Belajar Model Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK Global Pacific Halmahera Utara. EDUNITRO, 54.
Hendarman, Ir & Rohanim, M.Pd. 2018. Kepala Sekolah sebagai Manajer Teori dan Praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
LPMP Jawa Tengah. 2017. Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38
Sadrina. (2019). EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS XII SMK N 2 MEULABOH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 79-80.
Yayu Sri Rahayuningsih, S. I. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0. 2-3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.