IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA SUARA DEMOKRASI DI SMK NEGERI 6 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178Keywords:
Kurikulum Merdeka, Projek, Profil Pelajar Pancasila, DemokrasiAbstract
Kurikulum merdeka menjadikan pelajar harus memiliki jiwa pancasila. Pancasila sebagai dasar filsafat bangsa Indonesia yang memiliki sifat demokrasi sebagai wujud dari nilai-nilai pancasila yang harus diterapkan dalam satuan pendidikan. Penguatan profil pancasila bagi pelajar di implementasikan melalui sebuah projek dengan tema demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi sebagai bagian perencanaan implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian melibatkan seluruh siswa SMK Negeri 6 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik berpartisipasi aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama 100 jam pelajaran. Projek Penguatan Pancasila dengan tema demokrasi memberikan ruang kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan budaya demokrasi secara kontekstual di lingkungan masyarakat.
References
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro’, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430
DEMOKRASI_DAN_DEMOKRATISASI. (n.d.).
Hengkebohang, Amaliah; Jayanto, Doni Dwi Jayanto), (SMK Negeri 6. (n.d.). PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PEMILOS TEMA: SUARA DEMOKRASI SMK NEGERI 6 SEMARANG.
Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sustainable Lifestyle Through Project of Strengthening Pancasila Student Profiles. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 6(1), 14–21. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/453
Mulyono, G. P., Fatoni, R., & Malang, U. M. (2019). DEMOKRASI SEBAGAI WUJUD NILAI-NILAI SILA KEEMPAT PANCASILA DALAM PEMILIHAN UMUM DAERAH DI INDONESIA. http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship
Nissa Rahma, A., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Implementasi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Vol. 18, Issue 1).
SUGIYONO 2015. (n.d.).
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui projek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Suratmin. (1945). Undang- Undang Dasar 1945. 105(3), 129–133. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.