PERANCANGAN APLIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM BISNIS USAHA LAYANAN SPESIALIS GURAH MESIN MOBIL
DOI:
https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.180Keywords:
Chatbot, Gurah Mesin, Aplikasi AI, WebsiteAbstract
Layanan Spesialis Gurah Mesin Mobil adalah sebuah layanan jasa usaha membersihkan kotoran kerak dalam lubang piston tanpa membongkar mesin dengan cairan carbon cleaner. Banyak pengguna kendaraan motor dan mobil yang sering mengeluhkan performa kendaraannya semakin turun seperti tenaga yang tidak maksimal, tarikan turun, tarikan pada gas semakin berat sehingga membuat getaran pada mesin menjadi kasar. Untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan serta memperluas memerlukan informasi melalui website sebagai sarana informasi pemasaran sekaligus promosi, maka diperlukan selain aplikasi whatsapp juga ditambahkan chatbot yang bisa menjawab pertanyaan secara cepat dengan system Artificial Intelegence. Chatbot artinya didefinisikan sebagai sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami serta memproses permintaan pengguna, dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat. Itulah mengapa istilah ini dikenal dengan sebutan “bot”. Gurah Mesin Mobil menyadari bahwa peranan media. Website dapat meningkatkan omset penjualan jasa atau layanan home service yang mereka miliki untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi serta dapat meminimalkan biaya-biaya operasional iklan dan biaya secara fisik. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Chatbot berbasis web ini adalah siklus hidup pengembangan sistem atau yang biasa disebut System Development Life Cycle (SDLC). SDLC mempunyai beberapa tahapan yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, uji coba, dan pemeliharaan. Aplikasi ini memberikan informasi baik terhadap pelanggan maupun masyarakat umum dalam memperoleh informasi yang jelas langsung dari chatbot sehingga mampu memberikan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan uji coba beberapa pertanyaan yang diberikan maka chatbot mampu menjawabnya sesuai dengan perintah yang dimasukkan. Bila ada yang kurang sesuai jawabannya maka masih diperlukan pelatihan pertanyaan dan jawaban yang tepat.
References
Afrizal Zein, (2021). Kecerdasan Buatan Dalam Hal Otomatisasi Layanan, Jurnal Ilmu Komputer JIK Vol. IV No.02 Desember 2021
Ahmad Hania, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, & Deep Learning. Jurnal Teknologi Indonesia.
APJII, “Survey Internet APJII,” Survey Internet APJII, (2019). http://www.apjii.or.id
https://binus.ac.id/malang/2021/06/penerapan-artificial-intelligence-dalam-bisnis/ diakses tanggal 27 februari pukul 01.15 wib
https://www.niagahoster.co.id/blog/chatbot-adalah/ diakses tanggal 10 Agustus 2023 pukul 07.32 Wib.
https://www.qiscus.com/id/blog/pengertian-dan-penerapan-artificial-intelligence-dalam-bisnis/ diakses tanggal 27 februari 2023 pukul 01.12 wib.
IBIS, W, (2019). IBIS World’s industry research reports.
Lintang Tirta Putri , Robiatul Adawiyah, Raihani Alvinna Fitriyani, (2021). Tren Teknologi Artificial Intelligence Pengganti Model Iklan Di Masa Depan, JURNAL SOSIAL POLITIKA e-ISSN: 2798-2238, p-ISSN: 1410-6604, Vol.2, No.2 Desember 2021
Nadin, A. M., & Ikhtiono, G. (2019). Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da'wah, 206-213.
Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia. 61-66.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH. Jurnal Teknik Industri, 13 (1).
Predy, M., Sutarto, J., Priharin, T., & Yulianto, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019.
R. Nursyanti, R. Y. R. Alamsyah, and S. Perdana, (2019).“Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomotif (Studi Kasus Pada Pt. Ateja Multi Industri),” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 10, no. 2, 2019, doi: 10.36448/jsit.v10i2.1323
Rosmida. (2019). Transformasi Peran Akuntan dalam Era Revolusi. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 206.
Zuliantika, V., Cahyono, H., Izzahdi, H., Permatasari, F., & Putri, D. (2021). Menuju Indonesia 5 . 0 , Urgensi Pembelajaran Audit Berbasis IT Sebagai Upaya Strategi Implementasi Teknologi. Prosiding National Seminar on Accounting , Finance, and Economics, (pp. 113-120).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.