PERAN PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH PAREPARE

Authors

  • Risda Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Fitriani Djollong Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Makki Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muhammad Nur Maallah Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Rosmiati Ramli Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.181

Keywords:

Semangat Belajar, Peran Pendidik, Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Parepare dengan permasalahan yaitu bagaimana semangat belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana peran pendidik dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam dan untuk bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik dengan menggunakan sumber data primer yaitu peserta didik, kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan sumber data sekunder yaitu buku, dokumentasi dan artikel, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa semangat belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam sesuai data di lapangan berbeda-beda ada yang memiliki semangat belajar tinggi, sedang hingga rendah. Sejalan dengan hasil wawancara bahwa semangat belajar peserta didik berbeda-beda, akan tetapi mayoritas peserta didik memiliki semangat belajar tinggi. Peran pendidik terhadap peningkatan semangat belajar peserta didik memiliki peranan penting, antara lain, sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator dan motivator. Faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pertama, faktor pendukung seperti metode pembelajaran motivasi, dukungan dan kebutuhan peserta didik dalam belajar. Kedua, faktor penghambat seperti penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, kurang disiplin, materi kurang diminati peserta didik.

References

Anwar, Syaiful. (2014).Desain Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Idea Sejahtera.

Chairunnisa, dkk. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Dan Kreativitas Anak Dimasa Pandemi. Jurnal Dedikasi Vol.1 No. 2. hal. 290-298. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PD/article/view/15904#:

Fitiriani, Ida. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Lektur, Vol. 2 No. 1. h. 121.

Haudi. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Hasbi W dan Harys Pratama Teguh (2019). Pendidikan Agama Islam Era Modern. Yogyakarta: Leutikapri.

Nur Shidiq, M, dkk, (2023). Pembentukan Karakteristik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7 No. 2 Hal. 12255-12261. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8340

Moleong, Lexy J. (2012) Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan penelitian Kualitatif. Yogyakarta; CV Budi Utama.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Risda, R., Djollong, A. F., Makki, M., Maallah, M. N., & Ramli, R. (2023). PERAN PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH PAREPARE. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 473–485. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.181