Mengkonstruksi Pemahaman Santri Atas Kepedulian Pada Potensi Energi Batu Bara Berbasis Profetik Di Kalimantan Timur

Authors

  • Intan Fitria Dewi Universitas Mulawarman Samarinda
  • Suryaningsi Universitas Mulawarman Samarinda
  • Asnar Universitas Mulawarman Samarinda
  • Bahzar Universitas Mulawarman Samarinda
  • Pardosi Universitas Mulawarman Samarinda
  • Jamil Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.312

Keywords:

Energi Batu Bara, Profetik, Lingkungan, Pembelajaran , Tahun Keemasan

Abstract

Potensi energi batubara merujuk pada kemampuan batubara sebagai sumber daya energi untuk menghasilkan listrik dan panas. Batubara merupakan salah satu sumber energi fosil yang paling melimpah di Kalimantan Timur. Tujuan Penelitian untuk menyelidiki upaya pendidik dalam mengkonstruksi Pemahaman Santri Atas Kepedulian akan Potensi Energi Batu Bara Berbasis Profetik. Menggunakan jenis Penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif dan fenomenologi,  melalui wawancara dalam mengumpulkan data dilanjutkan kemetode triangilasi mengukur keabsahan data. Kesimpulan bahwa Perlu pendekatan pendidikan seimbang, antara pengetahuan agama dan dunia pada santri. Energi batu bara sebagai salah satu kekayaan alam yang melimpah di Kalimantan Timur yang patut di kelola dan dimanfaatkan dengan baik. Pemahaman santri sebelum mendapatkan pemahaman masih biasa-biasa saja, Namun setelah diberi pencerahan melalui materi pembelajaran di kelas sudah mengalami perubahan. Bahkan telah mempersiapkan diri untuk menjadi pelaku dalam mengelolan potensi energi batubara sebagai sumber kekayaan terbesar di Kalimantan Timur.

References

Agus Wibowo, G. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057

Anugrah Anugrah, S. S. (2021). Hak Memperoleh Lingkungan Hidup Yang Sehat Serta Kewajiban. 1(9), 1–11.

Arisona, R. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. 3, 39–51. https://doi.org/https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.150

Carson, R. (1962). Silent Spring. United States: Haughton Mifflin.

Chambers, R. (2000). Rural Development Putting The Last First. Kanisius: Yogyakarta.

HABIBI, A. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sarana Pembelajaran IPS IPS. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/d2by3

Hidayani, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Focus Group Dalam Meningkatkan Kemampuan . Jurnal System IAIN Bengkulu, 152-153.

Khulashah. (2023). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam Persepektif Thomas Lickona Dan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 224-225.

Kurnia, H., Dasar, F. L., & Kusumawati, I. (2022). Nilai-nilai karakter budaya Belis dalam perkawinan adat masyarakat Desa Benteng Tado Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(2), 311–322. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i2.22300

Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167

Setyobudi, A., Ruliati, L. P., Doke, S., Purnama, S., & Landi, S. (2022). Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga sebagai Media Bagi tanamanan Pekarangan DI Desa Hansisi Kecamatan Semau Kabulaten Kupang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Kepulauan Lahan Kering, 3(2), 82–91. https://doi.org/10.51556/jpkmkelaker.v3i2.202

Sholihah, M. (2021). Pembelajaran Terintegrasi Sains Dan Agama Islam Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(1), 126–144. https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1177

Stiglitz, J. E., Sen, A., & Fitoussi, J.-P. (2011). Mengukur kesejahteraan. Marjin Kiri.

Sugara, H. (2019). Kajian Dekonstruksi Karakterisasi Tokoh Rahwana dalam Novel Ramayana Karya Sunardi DM Kaitannya dengan Pendidikan Karakter dan Nilai Budaya. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 71–85. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i2.34

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsi. (2020). Legal Certainty Of Mining Management After The Enactment Of Indonesian Law On Local Government No . 23 Of 2014. Solid State Technology, 63(6), 6927–6946.

Suryaningsi, S. (2021). Government Policy Functions on The Supporting Aspect of Mineral Resources Management and Post Retail in Stipulation of Act No. 23 of 2014. 23, 1–13. https://doi.org/10.4108/eai.17-7-2019.2303521

Suryaningsi, S., Mohammad, B., & Jawatir, P. (2021). Impact of Coal Proper Assessment and Follow-Up Supporting Sustainable Development At Pt. Cahaya Energy Mandiri. Educational Studies: Conference Series, 1(1). https://doi.org/10.30872/escs.v1i1.879

Yahya, M. S. (2019). Integritas Pendidikan Karakter peduli Lingkungan Dalam Kegiatan pembelajaran di SDIT IMAM SYAFIâ€TMI PETANAHAN KEBUMEN. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 232–246. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3065

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Dewi, I. F., Suryaningsi, S., Asnar, A., Bahzar, M., Pardosi, J., & Jamil, J. (2024). Mengkonstruksi Pemahaman Santri Atas Kepedulian Pada Potensi Energi Batu Bara Berbasis Profetik Di Kalimantan Timur . PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 76–83. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.312