Implementasi Digitalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Pasca Pembelajaran Online di SMA Negeri 1 Tenggarong

Authors

  • Wahyu Dhira Pranaditya Universitas Mulawarman Samarinda
  • Suryaningsi Universitas Mulawarman Samarinda
  • Jamil Universitas Mulawarman Samarinda
  • Marwiyah Universitas Mulawarman Samarinda
  • Jawatir Pardosi Universitas Mulawarman Samarinda
  • Wingkolatin Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.315

Keywords:

Implementasi, Digitalisasi, Pembelajaran online

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu unsur terpenting dalam pembangunan sebuah bangsa dan peradaban, akan tetapi dunia pendidikan sempat dihantam oleh pandemi COVID-19 yang memaksa perubahan dalam sistem pendidikan, sehingga pembelajaran online dipilih sebagai alternatif yang paling memungkinkan agar pendidikan tetap dapat terus berlangsung, Penelitian ini menggunakan desain pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian siswa dan guru di SMA Negeri 1 Tenggarong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi digitalisasi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Tenggarong telah berlangsung dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari aspek proses digitalisasi yang meliputi kesiapan guru dan siswa terhadap teknologi yang sangat baik, serta ketersediaan perangkat keras dan jaringan internet yang cukup baik. Kemudian hal ini juga terlihat dari pemanfaatan digitalisasi yang telah berjalan dengan sangat baik meliputi pemanfaatan e-learning dalam proses pembelajaran, pemanfaatan digitalisasi dalam pembuatan bahan dan media ajar, pemanfaatan digitalisasi dalam pencarian sumber belajar, serta pemanfaatan digitalisasi untuk meningkatkan hasil belajar yang juga telah terlaksana dengan sangat baik.

References

Alifiah, N., Education, C., & Program, S. (2022). Self Efecacy of Civics Trachers in Developing Disciplined Character inStudent at the integrated Islamic high School DaarulHikmah Boarding School. Unmul Civic Education Journal, 156–164.

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani V. (2019). Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 13- 23.

Dwi Ermawati, Y., & Yonisa Kurniawan, R. (2019). Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 67-70. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p67-70.

Fauzia, N., & Suryaningsi, S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Masyarakat RT 04 Kampung Baru Balikpapan di Masa Pandemic COVID-19. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(12), 421–427.

Gunawan, S., & Widiati, S. (2019). Tuntutan dan Tantangan Pendidik dalam Teknologi di Dunia Pendidikan di Era 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Hanafi, Muh. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Herlina, H. A. (2020). Maksimalisasi Goole Dokumen Untuk Meningkatkan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 86-95.

Herlina, Acim, Misnah, & Khairunnisa, R. (2019). Need Analysis of Using Google Form For Learning. Jurnal Dikdas, 7(2), 143–150.

Ihsani, M. H. (2021). Pemenuhan Hak anak di Masa Pandemi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Nomos;Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 1(2), 33–43.

Luthfi, A. (2023). How is the Alternative Use of Post Mining Land? Empirical Evidence at PT. Nuansacipta Coal Investment. Proceeding ADRI International Conference on …, 342–354.https://prosiding.p-adri.or.id/index.php/icadri/article/view/65%0Ahttps://prosiding.p-adri.or.id/index.php/icadri/article/download/65/48

Maree, J. G. (2022). Editorial message from Guest Editor : Special Issue: Cypriot Journal of Educational Sciences 2022. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(5), 1399–1404. https://doi.org/10.18844/cjes.v17iSI.1.6677

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.

Muhasim. (2017). Pengaruh Teknologi DIgital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 53-77.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta

Nadia, H., & Afifah, Zahratul, S. S. (2021). Analisis Penegakan Hukum Untuk Mewujudkan Keadilan Dalam Perspektif. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(11), 1–7.

No, V., Tahun, A., & Rumah, K. (2022). Penegakan Hukum dan Hak Azasi Manusia dalam Menangani Kasus. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(2), 44–52.

No, V., Tahun, J., & Atas, H. (2022). Kajian Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Digital Anak Sebagai. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(3), 93–103.

Pradana, Bartolomeus, G. V., & Pratama, Yohanes M. (2022). Peran Digitalisasi Media Pembelajaran Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 145-153.

Purfitasari, S., Masrukhi, Prihatin, T., & Mulyono, S., E. (2019). Digital Pedagogy sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Puspita Sari, V., & Suryaningsi, S. (2023). Education For Indonesian Citizens: From Good Citizens to Active Citizens. Asian Journal of Social and Humanities, 1(10), 695–706. https://doi.org/10.59888/ajosh.v1i10.73

Riyana, C. (2019). Konsep Pembelajaran Online. Universitas Terbuka.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin, Ed.). Nata Karya.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Technologial Content (TPACK) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 417–422

Suryaningsi, S., Nurlaili, N., & Siringoringo, M. (n.d.). Teacher Self-Efficacy for Professional Development during the COVID-19 Pandemic In East Kalimantan. 1–9.

Suryaningsi, S., Training, T., & Pahu, J. M. (2022). How does the principal ’ s policy respond to professional learning during the COVID-19 pandemic ? Cypriot Journal Bilimleri Dergisi, 17(11), 3950–3968.

Suryaningsi, S., Wingkolatin, W., Sulfa, S., Marwiah, M., Mulawarman, W. G., Reza, R., & Kholivah, N. (2023). Utilization of the Women ’ s Organization of the Samarinda Branch of the Indonesian Student Corps as a Gender-Based Leadership Base. International Journal of Membrane Science and Tecnology, 10(2), 140–148.

Toding, A., & Suryaningsi. (2022). Analysis of Community Compliance during The COVID-19 Pandemic. Ucej, 1–8.

Trisiana, Anita. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2).

Wulandari, D., & Suryaningsi, S. (2022). Fulfillment of Women’s Political Rights in a Democracy Goverment. Unmul Civic Education Journal, 14–33.

Yudhana, A. S. L., & Kusuma, W. A. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Jarak Jauh Atau E-Learning dan Learning Management System (LMS) Menggunkan Pendekatan Literature Review dan User Persona. Jurnal Syntax Admiration, 2(9), 1617–1628. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.30.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Pranaditya, W. D., Suryaningsi, S., Jamil, J., Marwiyah, M., Pardosi, J., & Wingkolatin , W. (2024). Implementasi Digitalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Pasca Pembelajaran Online di SMA Negeri 1 Tenggarong. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 84–93. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.315