Konstruksi Pemahaman Siswa Dalam Memandang Kedaulatan Nasional Atas Sumber Daya Mineral Batu Bara Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis

Authors

  • Nordiana Progran Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Asnar Progran Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Suryangsi Progran Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Endang Herliah Progran Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.317

Keywords:

Pemahaman, Kedaulatan Nasional, Batubara, Berpikir Kritis

Abstract

Pemahaman adalah tingkat pengetahuan dan kesadaran seseorang terhadap suatu konsep, topik, atau isu tertentu. Dalam konteks artikel ini, pemahaman mengacu pada tingkat pengetahuan siswa terkait kedaulatan nasional atas sumber daya mineral, seperti batu bara, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi berpikir kritis mereka terhadap isu-isu terkait. Tujuan penelitian untuk mengkonstruksi pemahaman siswa dalam memandang kedaulatan nasional untuk meningkatkan berpikir kritis. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui wawancara dalam mengumpulkan data dilanjutkan ke metode triangulasi mengukur keabsahan data. Teknik tersebut memudahkan peneliti dalam pengambilan data yang diperlukan. Kesimpulan bahwa perlu pendekatan pendidikan seimbang, antara pengetahuan dan pemahaman siswa. Pemahaman siswa sebelum mendapatkan pembelajaran masih kurang, namun setelah diberi materi melalui pembelajaran mengalami perubahan. Bahkan telah mempersiapkan diri untuk menjadi pelaku dalam pengelolaan batu bara sebagai sumber kekayaan terbesar.

References

Doyle, W. S. (2019). Surface Mined Land Reclamation in Germany. Coal Surface Mining, 369–390. https://doi.org/10.4324/9780429051128-22

Jonek-Kowalska, I., Wolniak, R., Marinina, O. A., & Ponomarenko, T. V. (2022a). State and private ownership and their strengths and weaknesses. Stakeholders, Sustainable Development Policies and the Coal Mining Industry, 49–76. https://doi.org/10.4324/9781003091110-6

Jonek-Kowalska, I., Wolniak, R., Marinina, O. A., & Ponomarenko, T. V. (2022b). Universal model of managing stakeholders towards supporting sustainable development implementation. Stakeholders, Sustainable Development Policies and the Coal Mining Industry, 224–229. https://doi.org/10.4324/9781003091110-18

Krueger, M. A. (2021). An evaluation of a precollege program on college success. University of Missouri Libraries. https://doi.org/10.32469/10355/81527

Luthfi, A. (2023). How is the Alternative Use of Post Mining Land? Empirical Evidence at PT. Nuansacipta Coal Investment. Proceeding ADRI International Conference on …, 342–354.https://prosiding.p-adri.or.id/index.php/icadri/article/view/65%0Ahttps://prosiding.p-adri.or.id/index.php/icadri/article/download/65/48

Piaget, J. (1952). Jean Piaget A History of Psychology in Autobiography. In In E. G. Boring, H. Werner, H. S. Langfeld, & R. M. Yerkes (Eds.), A History of Psychology in Autobiography (pp. 237–256). Clark University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/11154-011

Preface. (2019). Advances in Productive, Safe, and Responsible Coal Mining. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-101288-8.09987-9

Puspita Sari, V., & Suryaningsi, S. (2023). Education For Indonesian Citizens: From Good Citizens to Active Citizens. Asian Journal of Social and Humanities, 1(10), 695–706. https://doi.org/10.59888/ajosh.v1i10.73

Schafrik, S. J. (2019). Communication and tracking system performance. Advances in Productive, Safe, and Responsible Coal Mining, 121–154. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-101288-8.00004-3

Skousen, J., Zipper, C. E., McDonald, L. M., Hubbart, J. A., & Ziemkiewicz, P. F. (2019). Sustainable reclamation and water management practices. Advances in Productive, Safe, and Responsible Coal Mining, 271–302. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-101288-8.00015-8

Suryaningsi, Suryaningsi; Mohammad, B., & Pardosi, J. (2021). Impact of Coal Proper Assessment and Follow-Up Supporting Sustainable Development at PT. Cahaya Energi Mandiri. Japanese Journal of Crop Science, 27(4), 467–468.

Suryaningsi, S. (2017). Inter-Governmental Ideal Relationship in the Management of Mineral and Coal Resources. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 22(8), 06–10. https://doi.org/10.9790/0837-2208010610

Suryaningsi, S. (2020). Legal Certainty Of Mining Management After The Enactment Of Indonesian Law On Local Government No . 23 Of 2014. Solid State Technology, 63(6), 6927–6946.

Suryaningsi, S., Bahzar, M., & Pardosi, J. (2021). Impact Of Coal Proper Assessment And Follow-Up Supporting Sustainable Development At PT. Cahaya Energy Mandiri. Educational Studies: Conference Series, 1(1 SE-Articles). https://doi.org/10.30872/escs.v1i1.879

Suryaningsi, S., Siringoringo, M., & Mulawarman, W. G. (2022). Cypriot Journal of Educational Sciences. SCypriot Journal of Educational Sciences Ciences, 17(11), 3950–3968.

Suryaningsi, Saleng, A., Arie, M., & Irwansyah. (2015). The Essence Of State-Control Over Management And Utilization Of Mineral And Coal Resources. International Journal of Scientific & Technology Research, 4(11), 276–280.

Vygotsky, L. S. (1978). Interaction between Learning and Development. In Mind in Society (pp. 79–91). https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4.11.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Nordiana, N., Asnar, A., Suryangsi, S., & Herliah , E. (2024). Konstruksi Pemahaman Siswa Dalam Memandang Kedaulatan Nasional Atas Sumber Daya Mineral Batu Bara Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 105–111. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.317