Pengaruh Upacara Bendera Dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme Pada Peserta Didik Di SMAS ST. Petrus Kewapante

Authors

  • Kristina Diana Pendidikan Kewarganegaraan, IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Nur Chotimah Pendidikan Kewarganegaraan, IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v2i3.337

Keywords:

Pengaruh, Nasionalisme, Upacara Bendera di Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu upaya menanamkan jiwa nasionalisme pada peserta didik yaitu melalui upacara bendera di sekolah SMAS ST. Petrus Kewapante. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepalah Sekolah, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Guru Kesiswaan, dan Peserta Didik SMAS ST. Petrus Kewapante. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pada hakikatnya guru dan peserta didik memahami jiwa nasionalisme sebagai sikap cinta tanah air yang penting di miliki setiap warga negara termasuk peserta didik. Upacara bendera di sekolah juga dianggap penting sebagai salah satu upaya penguatan jiwa nasionalisme peserta didik.

References

Admin. 2022. Arti kata meningkatkan adalah. Lambeturah.id

Asnawi, sahlan. 2010. Semangat kerja dan gaya kepemimpinan. Jurnal psikologi No. 2: 87 universitas persada Indonesia.

BerraDo Emellia. 2018. Menanamkan sikap nasionalisme siswa kelas v pada mata pelajaran pkn di sd negeri 08 rejang lebong.

Dwi Latifatul fajri. 2021. Tujuan nasionalisme dan contonya di kehidupan sehari-hari. Katadata.

Hasibuan. 2009. Organisasi dan motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maura, Aisya. Pentingnya upacara bendera setiap hari senin. blog.ruangguru.com

Moleong, 2014. Meteologi penelitian kualitatif. Edis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, & Huberman. (2009:246). Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penarikan Kesimpulan tau Vertifikasi

Nugraha Jevi. 2022. 6 Tujuan upacara bendera beserta manfaatnya yang perlu diketahui. JATENG: merdeka.com

Novitasari. 2013. Penanaman Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Sidoarjo

Nurdiansyah, w & Made Suwanda, 1 (2018). Peran Guru Ppkn Sebagai Pendidik Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Di Sma Tarbiyyah Ghulam Wal Bannat Kabupaten Jombang Kelas X1. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 6(2).

Permanto, Toto. 2012. Perilaku Nasionalistik Masa Kini dan Ketahanan Nasional: Penerapan Perilaku Nasionalistik Masa Kini. Hlm. 86-88. Yogyakarta: Mata Bangsa.

Sadikin. 2008. Peningkatan Sikap Nasionalismemelalui Pembelajaran IPS dengan MetodeSosiodrama di SD Cikembulan, Banyumas.Tesis. Yogyakarta: Universitas NegeriYogyakarta.

Sintya Hapsari Putri, A., & Sumardjoko, B. (2018). Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Upacara Hari Senin pada Siswa SMP Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakata).

Supini Epin. 2021. 5 tips membangun sikap nasionalisme siswa selama PJJ. Blog.kejarcita.

Sugiyono, 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta.

Sugiyono, 2007. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta.

Yahya, Harun. 2003. Zeal and Enthusiasm Decribed in the Qur’an. Surabaya: Risalah Gusti.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Diana, K., & Chotimah, N. (2024). Pengaruh Upacara Bendera Dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme Pada Peserta Didik Di SMAS ST. Petrus Kewapante. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 168–174. https://doi.org/10.55681/primer.v2i3.337