MENINGKATKAN EMOSI POSITIF MELALUI METODE CCBA (CERITA, CONTOH, BIASAKAN, APRESIASI) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NURUL HIKMAH NW SELAT KEC. NARMADA
DOI:
https://doi.org/10.55681/primer.v1i1.45Keywords:
Metode CCBA, TK, Emosi PositifAbstract
Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data mixed metod yang mengombinasikan data kualitatif berupa proses pembelajaran CCBA pada anak usia 4-5 tahun, untuk menstimulus emosi positif anak yang ditunjang dengan data kuantitatif berupa kemampuan emosi positif pada anak. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B atau anak yang berusia 4-5 tahun di TK Nurul Hikmah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian, melalui penerapan metode CCBA di TK Nurul Hikmah anak-anak kelompok A dapat menunjukkan emosi positif mereka. Berdasarkah hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode CCBA (Cerita, Contoh, Biasakan dan Apresia) dapat meningkatkan Emosi Positif anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Hikmah NW Selat. Dengan data yang diperoleh Pada Indikator keceriaan memperoleh data 93,3% konsisten muncul, 6,6 % sering muncul, sedangkan untuk indikator kemandirian memperoleh 86,6% muncul konsisten, 13,3 % mulai muncul, begitu juga dengan indikator ketertarikan dengan hasil 86,6% konsisten 13,3% mulai muncul, serta indikator cinta kasih juga memperoleh hasil yang sama 86,6% muncul konsisten dan 13,3% mulai muncul.
References
Cresswell, Jhon. (2015). Research Desaign Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Houlock, Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta:Erlangga.
Megawangi, Ratna dkk. (2018). Emosi Positif. Depok:Indonesia Heritage Foundation (IHF)
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung:Rosda.
Permendikbud. (2013). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta:Kemendikbud.
Rachmayati, Yeni. (2000). Modul Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: UT
Santrock. Jhon. (2002). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kualitatif, Kuantitatid dan R&D. Bandung:Alfabeta
Garnika, Eneng. (2020). Membangun Karkater Anak Usia Dini menggunakan metode CCBA. Jawa Barat: Edu Publisher.
Fadilah, Muhammad. (2013). Pendidikan Karkater Anak Usia Dini. Jogjakarta: Aruzmedia.
Purnama, Sigit. (2020). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Rosda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.