PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Authors

  • Ali Nurdin Siregar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.48

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian yaitu : “untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2022-2023.” Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Cara menentukan populasi dengan dijadikan seluruh peserta didik kelas XI sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh sig (2-tailed) = 0,681 > ½ a (0,025) maka H0 diterima. Dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Tapi Tidak Signifikan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik diKelas XI SMA Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2022-2023.

References

Abdullah, Ridwan Sani, 2013. Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung : Abadi Putra.

Abdurrahman, Mulyono . 2012. Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Alinapia, dkk. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Kediri : Dimar Intermedia.

Atmaja Prawira, Purwa. 2018. Psikologi Pendidikan dan Perspektif Baru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Metode Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2010. Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Alisuf, M. Sabri. 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Bahri, Djamarah Syaiful. 2018. Rahasia Sukses Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Uno, Hamzah . 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Dani Hendra Saputra, dkk.2018. (https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt

=0%2C5&q=Pengaruh+motivasi+belajar+dan+hasil+belajar&oq=#d=gs_qabs&t= 16541 37574680&u=%23p%3DiKFv0qQOPZ4J), diakses 2018.

Dimyati dan Mudjiono. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian, Yogyakarta : CV Andi Offeset.

Departemen Pendidikan RI. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hariwijaya, M. 2015. Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi, Yogyakarta : Parama Ilmu.

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia.

Hamidi. 2014. Metode Penelitian, Jakarta : Rosda.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Juni, Donni Priansa. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Mukhtar, 2010. Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah, Jakarta : Gaung Persada Press.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Novianti, Chatarina. dkk. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik, SPEJ (Sciensi and Phscis Education Journal), (Online), Vol. 3, No, 2, (https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=Pengaruh+motivasi+belajar+dan+hasil+belajar&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1654140344658&u=%23p%3DGm3k2pnr_r4J) , Diakses Juni 2020.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Rako, Jr. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta : Grasindo.

Ramadhoni, Evan. dkk. 2019. (https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=

Pengaruh+motivasi+belajar+dan+hasil+belajar&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=16541 39710200&u=%23p%3D3Ks3nT3h43EJ), Diakses Desember 2019.

Sayomukti, Nurani. 2010. Teori-teori Pendidikan, Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Sagala, Syaiful . 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alpabeta.

Sardiman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta : Grafindo.

Syah, Muhibbin . 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sakaran, Uma. 2010. Metode Penelitian,Bandung : Alfabeta.

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.

. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta :Penerbit Erlangga.

Sumantri, Jujun S. Surya. 2012. Prosedur Penelitian, Jakarta : Tarsito.

Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni . 2018. Metode Penelitian Bisnis, Yogyakarta : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis, Bandung : CV Alfabeta.

. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, Bandung : Alfabeta.

. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.

Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tohirin. 2013. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang. 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas.

Winarno, Surakhman. 2012. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Teknik, Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Siregar, A. N. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2022-2023. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.48