PROFIL STRES AKADEMIK PADA SISWA SMK AL-INSAN KELAS XII
DOI:
https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.51Keywords:
Profil Stres Akademik, Siwa SMA Kelas XII, Bimbingan KonselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan stres akademik pada siswa SMK AL- Insan kelas XII. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran profil stres akademik pada siswa SMK Al- Insan kelas XII. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan populasi siswa kelas XII sebanyak 52 siswa dan sampel 46 siswa yang dipilih menggunakan tekhnik simple random sampling. Proses pengambilan data menggunakan angket dan kuisioner dengan uji validitas isi dan di dapat item valid 32 dari 38 item. Hasil penelitian ini pada kategori rendah dengan persentase 34,78% secara keseluruhan. Berdasarkan aspek fisiologis pada kategori sangat rendah dengan persentase 57% yang dialami oleh 26 siswa, untuk indikator psikologis pada kategori sangat rendah dengan persentase 41% yang dialami oleh 19 orang siswa dan untuk indikator sikap pada kategori rendah dengan persentase 39% yang dialami oleh 18 orang siswa dari total 46 responden pada penelitian ini.
References
Anju, Amandeep, B.K. Punia And Vandana Punia. 2020. Life Dissatisfaction Among Life Dissatisfaction Among Students: Exploring The Role Of Intrapersonal Conflict, Insufficient Efforts and Academic Stress.
Badan Pusat Statistik Indonesia. 2020. Indeks Pembangunan Manusia.
Elias, H, Ping, W, S, & Abdullah, MC. 2011. Stress and Academic Achievement Among Undergraduate Students in Universiti Putra Malaysia. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 29, 646–655.
Fatimah, S. 2016. Efektivitas Konseling Kognitif-Perilaku Untuk Mereduksi Stres Akademik Peserta Didik Kelas XI Farmasi SMK Al-Wafa Ciwidey Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 06, No. 01, 2016, 06(01), 98–122.
Feni. 2014. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Jalur Bina Lingkungan Dan Non-Bina Lingkungan. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(2).
Janet Joana Tamba Dan Dyan Evita Santi. 2021. Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19.
Mufadhal, Barseli, Ahmad, DKK. 2018. Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar, 40–47.
Nobersirtra, S. 2016. Persepsi Siswa Tentang Tindak Kekerasan (Studi di SMP Negeri X Koto Dsingkarak). Padang: Universitas Negeri Padang.
Raisya Namira. 2018. Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Remaja SMA di Yogyakarta. Yogyakarta.
Sarwono, S. W. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta:Rajawali.
Stanley, Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas, Jilid 2). Jakarta:Erlangga.
Swanty Nurhaliza. 2021. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas XI Man 1 Medan dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.