PENINGKATAN GURU MADRASAH DALAM UPAYA INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI DTA AL HIDAYAH DESA BANGUNKARYA

Authors

  • Imas Masitoh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al Al Farabi Pangandaran
  • Siti Aika Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al Al Farabi Pangandaran
  • Yuyun Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al Al Farabi Pangandaran
  • Siti Rahma Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al Al Farabi Pangandaran
  • Nunung Nurjanah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al Al Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.56

Keywords:

Peningkatan Guru, Pendidikan Karakter, Madrasah Diniyah

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan dalam upaya-upaya peningkatkan sumber daya manusia diantaranya memperluas wawasan pengetahuan sebagaimana yang telah dilakukan oleh aktifitas Akademia dalam bentuk perwujudan Tri dharma untuk menciptakan masyarakat yang berpendidikan khususnya tentang pendidikan agama yang terdapat dilembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah. Kurangnya lulusan diniyah disebabkan oleh kurangnya tenaga pendidik, kurangnya pemahaman kurikulum dan kurangnya dukungan orang tua. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan Seminar Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dengan judul Peningkatan Guru Madrasah dalam Upaya Integrasi Pendidikan Karakter di DTA Al Hidayah Desa Bangunkarya. Tujuan seminar ini agar seluruh guru madrasah diniyah dapat memahami dan memberi pemahaman kepada orang tua bahwa begitu pentingnya sebuah pendidikan karakter bagi anak-anak. Metode yang digunakan dalam pengembangan kurikulum adalah metode bercerita, hafalan dan tanya jawab. Hasil dari program yang dilaksanakan oleh KKN PAR STITNU Al Farabi Pangandaran di desa Bangunkarya tahun 2023 dengan pembuatan Pengembangan Kurikulum MDTA berbasis karakter dapat bermanfaaat hingga berkepanjangan.

References

Ardy. N. W, (2012). DESAIN MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH. INSANIA Vol. 17, No. 1 Januari-April

Baharun Hasan, 2017. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 6 No.1 Januari.

Djihadah Nuryati, 2020. Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah Vol.5 No.1 Mei.

Khamalah Nur, 2017. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, Vol. 5 No.2 November.

Kementrian Agama RI Direktoral Pendidikan Islam Pendidikan Diniyah dan Pendidikan Pondokpesantren 2014. Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmililiyah.

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15-32.

Muhammad Din Zakariya, 2020. Teori Pendidikan Karakter Menurut Al Ghojali. Jurnal Pendidikan Islam Vol.9 No.1

UU No. 20 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiyani, N. A. (2012). Desain Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1).

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Masitoh, I., Rahayu, S. A., Rahayu, Y., Ningsih, S. R., & Nurjanah, N. (2023). PENINGKATAN GURU MADRASAH DALAM UPAYA INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI DTA AL HIDAYAH DESA BANGUNKARYA. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.56