SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Maria Ulfah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Suhari Muharam Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Maisyaroh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Riska Zulianti Saputri Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Noer Achmad Gifari Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Azzahra Mardatillah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Go’an Abdul Mustaqim Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.67

Keywords:

Sistem Manajemen Mutu, Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Menurunnya persentase jumlah pendaftar atau siswa di Lembaga kursus bahasa inggris Mahesa Institute tiap tahunnya yaitu dari tahun 2018-2020. Dari hal tersebut maka perlu ditingkatkan lagi manajemen mutu agar tujuan jangka panjang dapat tercapai. Dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Mahesa Institute harus terus ditingkatkan karena sangat identik dengan keberadaan organisasi yang bersangkutan. Pelayanan yang buruk akan mengurangi dan menurunkan mutu organisasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui sistem manajemen mutu di Mahesa Institute dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Untuk sumber datanya, meliputi data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, bahwa evaluasi merupakan salah satu bagian dari sistem manajemen, dimana evaluasi ini berfungsi sebagai monitoring dalam suatu kegiatan atau berjalanya suatu program. Dalam evaluasi ini digambarkan melalui penilaian dan data-data yang didapat dari tes maupun non tes. Dengan evaluasi pelanggan juga merupakan bentuk mempertahankan kualitas pelayanan dan juga sebagai monitoring untuk mengetahui kekurangan dalam suatu hal.  dengan adanya evaluasi juga menjadi di acuan suatu pihak atau kegiatan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain itu juga dengan adanya evaluasi yang dilakukan oleh Mahesa Institute sangatlah bermanfaat bagi pihak terkait, baik Institut maupun pelanggan. Karena dengan adanya evaluasi maka baik dari segi pelayanan, kualitas dan metode yang akan disediakan oleh pihak Mahesa Institute akan sangat menghasilkan serta meningkatkan kepuasan lebih dari pelanggan yang diharapkan.

References

Ahmad. Manajemen Mutu Terpadu, Makassar: Nas Media Pustaka, 2020.

Buchari, Alma. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2014.

Fitri, Dian dan Ismanto. “Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 Dalam Peningkatan Mutu Produk Dan Pelayanan Serta Kepuasaan Pelanggan Di Pasar Internasional”. Jurnal Dimensi, Vol 7 No 3, November 2018: 423-424

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat. Edisi Pertama: Teori dan Praktik. 2001.

Mujibchalil. Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Skrispi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: 2019.

Samsirin. “Konsep Mutu dan Kepuasan Pelanggan Dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’dib, Vol 10 No 1, Juni 2015: 143

Septi, Yoni. A. I. “Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Melalui Pengembangan Program Sekolah”. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 23 No. 5, Maret 2012 : 446.

Suwarno. dkk. “Pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 9 No. 2, Juni 2020: 169

Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Ofset, 2004.

Downloads

Published

2023-04-24

How to Cite

Ulfah, M., Muharam, S., Maisyaroh, M., Saputri, R. Z., Gifari, N. A., Mardatillah, A., & Mustaqim, G. A. (2023). SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 190–197. https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.67